Back to homepage

Pokja PMKP

KEPUASAN STAF RSJD. ATMA HUSADA MAHAKAM

 

Dari diagram di atas dapat disimpulkan bahwa kepuasan staf RSJD. Atma Husada Mahakam, terbanyak dengan kriteria Cukup Puas sebesar 73% lalu di ikuti 27% dengan kriteria Puas.

No.

Nilai Kepuasan Staf

Persentase

1

Tidak Puas

0

2

Cukup Puas

73%

3

Puas

27%

4

Sangat Puas

0

 

 

 

  

INDIKATOR AREA KLINIS

WAKTU TANGGAP PELAYANAN DI IGD

 

No.

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

100%

2

Semester I, 2017

100%

 

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Waktu tanggap pelayanan di IGD, senantiasa terjaga dari sejak Semester II, 2016 sampai dengan Semester I, 2017, masing-masing dengan persentase 100%. Rata-rata capaian Waktu tanggap pelayanan di IGD adalah 100%. Jumlah data pada Waktu tanggap pelayanan di IGD ada 2 semester, yaitu Semester II, 2016 sejak Juli - Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari - Juli 2017.

 

INDIKATOR AREA KLINIS

PASIEN TERKENDALI DI IGD < 48 JAM

 

No.

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

96.94%

2

Semester I, 2017

97.21%

 

 

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Pasien Terkendali di IGD < 48 jam, sejak Semester II, 2016 dengan persentase 96,94% dan meningkat pada Semester I, 2017 dengan persentase 97,21. Selisih capaian antara Semester II, 2016 dan Semester I, 2017 adalah, 97,21% - 96,94% = 0,27%. Rata-rata capaian Pasien Terkendali di IGD < 48 jam adalah 97,075%. Jumlah data pada Pasien Terkendali di IGD < 48 jam ada 2 semester, yaitu Semester II, 2016 sejak Juli - Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari - Juli 2017.

 

 

INDIKATOR AREA KLINIS

KEMAMPUAN MENANGANI PASIEN DENGAN KEGAWATDARURATAN PSIKIATRIK

 

No.

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

100%

2

Semester I, 2017

100%

 

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Kemampuan menangani pasien dengan kegawatdaruratan psikiatrik, senantiasa terjaga dari sejak Semester II, 2016 sampai dengan Semester I, 2017, masing-masing dengan persentase 100%. Rata-rata capaian kemampuan menangani pasien dengan kegawatdaruratan psikiatrik adalah 100%. Jumlah data pada Kemampuan menangani pasien dengan kegawatdaruratan psikiatrik ada 2 semester, yaitu Semester II, 2016 sejak Juli - Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari - Juli 2017.

 

 

INDIKATOR AREA KLINIS

ASSESMENT PASIEN LENGKAP < 24 JAM DI IGD

 

No.

Bulan

Persentase

1

September 2016

100%

2

Oktober 2016

100%

3

November 2016

100%

4

Desember 2016

95.8%

5

Januari 2017

100%

6

Februari 2017

100%

 

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Assesmen pasien lengkap < 24 jam, senantiasa terjaga dengan persentase 100% pada Bulan September, Oktober, November 2016 dan Januari, Februari 2017. Assesmen pesien lengkap < 24 jam di IGD, paling sedikit dengan persentase 95,8% pada bulan Desember 2017. Selisih Assesmen pasien lengkap < 24 jam, terbanyak dan tersedikit yaitu 100% - 95,8% = 4,2%. Rata-rata capaian assesment pasien lengkap < 24 jam adalah : 99,3%. Jumlah bulan (jumlah data) ada 6, sejak September 2016 sampai Februari 2017.

 

INDIKATOR AREA KLINIS

WAKTU TUNGGU HASIL PELAYANAN LABORATORIUM DI IGD

 

No.

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

85.1%

2

Semester I, 2017

97.9%

 

 

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa waktu tunggu hasil pelayanan laboratorium di IGD, pada Semester II, 2016 sebesar 85,1% dan pada Semester I, 2017 sebesar 97,9%. Selisih waktu tunggu hasil pelayanan laboratorium di IGD, pada Semester II, 2016 dan Semester I, 2017 yaitu 97,9% - 85,1% = 12,8%. Rata-rata capaian waktu tunggu hasil pelayanan laboratorium di IGD adalah : 91,49%. Jumlah data pada waktu tunggu hasil pelayanan laboratorium di IGD ada 2 semester, yaitu Semester II, 2016 sejak Juli - Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari - Juli 2017.

 

INDIKATOR AREA MANAJEMEN

KEPUASAN PELANGGAN DI RUANG IGD

 

No

Waktu

Kunjungan

Puas

Persentase

1

Semester II, 2016

708

613

86.52%

2

Semester I, 2017

735

622

84.67%

 

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Kepuasan pelanggan di Ruang IGD pada Semester II, 2016 sebesar 86,52%, dan pada Semester I, 2017 sebesar 84,67%. Selisih Kepuasan pelanggan di Ruang IGD pada semester II, 2016 dan semester I 2017 yaitu 86,54% - 84,67% = 1,87%. Rata-rata kepuasan pelanggang di Ruang IGD adalah 85,595%. Jumlah data ada 2, Semester II, 2016, sejak Juli-Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari-Juli 2017.

 

INDIKATOR AREA MANAJEMEN

TIDAK ADA KEHARUSAN UNTUK MEMBAYAR UANG MUKA

 

No.

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

100%

2

Semester I, 2017

100%

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Tidak Ada Keharusan Untuk Membayar Uang Muka, senantiasa terjaga dari sejak Semester II, 2016 sampai dengan Semester I, 2017, masing-masing dengan persentase 100%. Rata-rata capaian tidak ada keharusan membayar uang muka adalah 100%. Jumlah data pada Tidak Ada Keharusan Untuk Membayar Uang Muka ada 2 semester, yaitu Semester II, 2016 sejak Juli - Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari - Juli 2017.

  

INDIKATOR AREA MANAJEMEN

PENGADAAN ALAT KESEHATAN RUTIN DI IGD

 

No.

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

100%

2

Semester I, 2017

100%

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Pengadaan Alat Kesehatan Rutin di IGD, senantiasa terjaga dari sejak Semester II, 2016 sampai dengan Semester I, 2017, masing-masing dengan persentase 100%. Rata-rata capaian pengadaan alat kesehatan rutin di IGD adalah 100%. Jumlah data pada Pengadaan Alat Kesehatan Rutin di IGD ada 2 semester, yaitu Semester II, 2016 sejak Juli - Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari - Juli 2017.

  

INDIKATOR AREA MANAJEMEN

TINGKAT KEHADIRAN STAF DI IGD

 

No

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

92.25%

2

Semester I, 2017

84.36%

 

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa tingkat kehadiran staf di IGD, pada Semester II, 2016 sebesar 92,25% dan pada semesterI, 2017 sebesar 84,36%. Selisih tingkat kehadiran staf di IGD pada semesterII, 2016 dan semester I, 2017 yaitu : 92,25% - 84,36% = 7,89%. Rata-rata capaian tingkat kehadiran staf di IGD 88,30%. Jumlah data pada tingkat kehadiran staf di IGD ada 2 semester, yaitu Semester II, 2016 sejak Juli - Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari - Juli 2017.

 

INDIKATOR AREA MANAJEMEN

DEMOGRAFI DAN DIAGNOSIS KLINIS 10 PENYAKIT TERBANYAK DI IGD

 

No

Kode Penyakit

Bulan

Jumlah

Mean

Persentase

`Sep 16

Okt 16

`Nov 16

Des 16

`Jan 17

1

F. 20.0

61

82

54

39

23

259

51.8

39.24%

2

F. 20. 3

41

22

28

65

47

203

40.6

30.76%

3

F. 23. 0

16

40

16

17

24

113

22.6

17.12%

4

F. 31

3

3

5

8

3

22

4.4

3.33%

5

F. 20 1

3

5

3

6

 

17

3.4

2.58%

6

GMP

5

2

2

3

1

13

2.6

1.97%

7

F. 32

7

 

2

3

 

12

2.4

1.82%

8

F. 20. 5

4

 

 

 

3

7

1.4

1.06%

9

GMO

 

1

1

2

1

5

1.0

0.76%

10

F. 20. 2

2

1

 

 

 

3

0.6

0.45%

11

F. 25

 

2

1

 

 

3

0.6

0.45%

12

F. 20. 9

 

 

 

1

1

2

0.4

0.30%

13

F. 19

 

 

 

 

1

1

0.2

0.15%

 

Jumlah

142

158

112

144

104

660

132

100%

 

 

F. 20 . 0     : Skizofrenia Paranoid - Curiga

F. 20. 3      : Skizofrenia "undifferentiated" - gejala di atas tidak tegas

F. 23. 0      : Kelainan psikotis polimorf akut tanpa gejala Skizofrenia

F. 31          : Episode sekarang hipomania

F. 20. 1      : Skizofrenia hebefrenik - alam perasaan

GMP         :

F. 32          : Episode depresi ringan

F. 20. 5      : Skizofrenia residual - kronis, gejala sisa

GMO         : Gangguan Mental Organik

F. 20. 2      : Skizofrenia katatonik - psikomotor ; hiperkinensis atau stupor

 

INDIKATOR AREA MANAJEMEN

KETEPATAN PELAPORAN INDIKATOR MUTU DI IGD

 

No.

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

100%

2

Semester I, 2017

100%

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Ketepatan Pelaporan Indikator Mutu di IGD, senantiasa terjaga dari sejak Semester II, 2016 sampai dengan Semester I, 2017, masing-masing dengan persentase 100%. Rata-rata capaian ketepatan pelaporan indikator mutu di IGD adalah 100%. Jumlah data pada Ketepatan Pelaporan Indikator Mutu di IGD ada 2 semester, yaitu Semester II, 2016 sejak Juli - Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari - Juli 2017.

  

INDIKATOR AREA MANAJEMEN

JAM BUKA PELAYANAN DI IGD

 

No.

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

100%

2

Semester I, 2017

100%

 

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Jam buka pelayanan di IGD, senantiasa terjaga dari sejak Semester II, 2016 sampai dengan Semester I, 2017, masing-masing dengan persentase 100%. Rata-rata capaian jam buka pelayanan IGD adalah 100%. Jumlah data pada Jam buka pelayanan di IGD ada 2 semester, yaitu Semester II, 2016 sejak Juli - Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari - Juli 2017.

 

INDIKATOR AREA MANAJEMEN

PEMBERI PELAYANAN KEGAWATDARURATAN PSIKIATRIK BERSERTIFIKAT YANG MASIH BERLAKU

 

No.

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

100%

2

Semester I, 2017

100%

 

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Pemberi pelayanan kegawatdaruratan psikiatrik bersertifikat yang masih berlaku, senantiasa terjaga dari sejak Semester II, 2016 sampai dengan Semester I, 2017, masing-masing dengan persentase 100%. Rata-rata capaian pemberi pelayanan kegawatdaruratan psikiatrik bersertifikat yang masih berlaku adalah 100%. Jumlah data pada Pemberi pelayanan kegawatdaruratan psikiatrik bersertifikat yang masih berlaku ada 2 semester, yaitu Semester II, 2016 sejak Juli - Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari - Juli 2017.

  

INDIKATOR AREA SKP

IDAK ADA KEJADIAN INFEKSI KARENA FIKSASI

 

No.

Bulan

Persentase

1

Juli 2016

99.0%

2

Agustus 2016

98.0%

3

September 2016

98.6%

4

Oktober 2016

97.9%

5

November 2016

99.2%

6

Desember 2016

98.4%

 

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Tidak ada kejadian infeksi karena fiksasi terbanyak pada bulan November 2016, dengan persentase 99,2%. Tidak ada kejadian infeksi karena fiksasi paling sedikit pada bulan Oktober 2016 dengan persentase 97,9%, Selisih Tidak ada kejadian infeksi karena fiksasi terbanyak dan tersedikit ; 99,2% - 97,9% = 1,3%. Rata-rata capaian tidak ada infeksi karena infeksi adalah 98,52%. Jumlah bulan pada Tidak ada kejadian infeksi karena fiksasi (jumlah data) ada 6 sejak Juli - Desember 2016.

INDIKATOR AREA SKP

KETEPATAN IDENTIFIKASI PASIEN DENGAN FOTO DAN PAKAIAN DI IGD

 

No.

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

100%

2

Semester I, 2017

100%

 

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Ketepatan identifikasi pasien dengan foto dan pakaian di IGD, senantiasa terjaga dari sejak Semester II, 2016 sampai dengan Semester I, 2017, masing-masing dengan persentase 100%. Rata-rata capaian ketepatan idenrifikasi pasien dengan foto dan pakaian di IGD adalah 100%. Jumlah data pada Ketepatan identifikasi pasien dengan foto dan pakaian di IGD ada 2 semester, yaitu Semester II, 2016 sejak Juli - Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari - Juli 2017.

  

INDIKATOR AREA SKP

PENULISAN RESEP SESUAI DENGAN FORMULARIUM DI IGD

 

No.

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

100%

2

Semester I, 2017

100%

 

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Penulisan resep sesuai dengan formularium di IGD, senantiasa terjaga dari sejak Semester II, 2016 sampai dengan Semester I, 2017, masing-masing dengan persentase 100%. Rata-rata capaian penulisan resep dengan formularium di IGD adalah 100%. Jumlah data pada Penulisan resep sesuai dengan formularium di IGD ada 2 semester, yaitu Semester II, 2016 sejak Juli - Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari - Juli 2017.

  

Ketepatan komunikasi efektif dengan metode SBAR di IGD

 

No.

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

100%

2

Semester I, 2017

100%

 

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Ketepatan komunikasi efektif dengan metode SBAR di IGD, senantiasa terjaga dari sejak Semester II, 2016 sampai dengan Semester I, 2017, masing-masing dengan persentase 100%. Rata-rata capaian ketepatan komunikasi efektif dengan metode SBAR di IGD adalah 100%. Jumlah data pada Ketepatan komunikasi efektif dengan metode SBAR di IGD ada 2 semester, yaitu Semester II, 2016 sejak Juli - Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari - Juli 2017.

  

TIDAK ADA KESALAHAN PENYERAHAN HASIL PEMERIKSAAN LABORATORIUM

 

No.

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

100%

2

Semester I, 2017

100%

 

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Tidak ada kesalahan penyerahan hasil pemeriksaan Laboratorium, senantiasa terjaga dari sejak Semester II, 2016 sampai dengan Semester I, 2017, masing-masing dengan persentase 100%. Rata-rata capaian tidak ada kesalahan penyerahan hasil pemeriksaan laboratorium adalah 100%. Jumlah data pada Tidak ada kesalahan penyerahan hasil pemeriksaan Laboratorium ada 2 semester, yaitu Semester II, 2016 sejak Juli - Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari - Juli 2017.

 

PELAKSANAAN EKSPERTISI OLEH DOKTER SPESIALIS RADIOLOGI

 

No.

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

100%

2

Semester I, 2017

100%

 

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Tidak ada kesalahan penyerahan hasil pemeriksaan Laboratorium, senantiasa terjaga dari sejak Semester II, 2016 sampai dengan Semester I, 2017, masing-masing dengan persentase 100%. Rata-rata capaian pelaksanaan ekspertisi oleh dokter spesialis radiologi adalah 100%. Jumlah data pada pelaksanaan ekspertisi oleh dokter spesialis radiologi ada 2 semester, yaitu Semest

KEPATUHAN PENULISAN RESEP SESUAI DENGAN FORMULARIUM

 

No

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

99.58%

2

Semester I, 2017

86.86%

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Kepatuhan Penulisan Resep Sesuai Dengan Formularium, pada Semester II, 2016 sebesar 99,58% dan pada Semester I, 2017 sebesar 86,86%. Selisih persentase antara Semester II, 2016 dan Semeseter I, 2017 adalah ; 99,58-86,86 = 12,73%. Rata-rata capaian kepatuhan penulisan resep sesuai dengan formularium adalah 93,22%. Jumlah data pada Kepatuhan Penulisan Resep Sesuai Dengan Formularium ada 2 semester, yaitu Semester II, 2016 sejak Juli - Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari - Juli 2017.

 

TIDAK ADA KESALAHAN DALAM PEMBERIAN OBAT

 

No.

Waktu

Persentase

1

Semester II, 2016

99.35%

2

Semester I, 2017

100.00%

 

 

 

Dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa Tidak ada kesalahan dalam pemberian obat, pada Semester II, 2016 sebesar 99,35% dan pada Semester I, 2017 sebesar 100%. Selisih persentase antara Semester II, 2016 dan Semeseter I, 2017 adalah ; 100%-99,35% = 0,65%. Rata-rata capaian tidak ada kesalahan dalam pemberian obat adalah 99,675%. Jumlah data pada tidak ada kesalahan dalam pemberian obat ada 2 semester, yaitu Semester II, 2016 sejak Juli - Desember 2016 dan Semester I, 2017 sejak Januari - Juli 2017

 

KEPATUHAN CLINICAL PATHWAY

 

No.

Waktu

Persentase

1

Januari

64,38%

2

Februari

56,56%

3

Maret

63,44%

4

April

56,81%

5

Mei

73,13%

6

Juni

66,88%

7

Juli

73,75%

 

 

 

dari diagram batang di atas dapat disimpulkan bahwa kepatuhan clinical pathway, terbanyak pada bulan Juli 2017 sebesar 73,75%. kepatuhan clinical pathway, paling sedikit pada bulan Februari 2017 56,56%. Selisih kepatuhan clinical pathway, terbanyak dan tersedikit yaitu 73,75% - 56,56% = 17,19%. Rata-rata capaian kepatuhan clinical pathway adalah 65%. Jumlah bulan pada kepatuhan clinical pathway (jumlah data) ada 7 sejak Januari - Juli 2017.

 

PENUTUP

Dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan di Rumah Sakit, maka pelaksanaan kegiatan keselamatan pasien sangatlah penting. Melalui pelaporan indikator mutu Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam, diharapkan seluruh karyawan Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam dapat mengerti apa dan bagaimana melaksanakan keselamatan pasien. Program keselamatan pasien merupakan never ending process, karena itu diperlukan budaya dan juga motivasi yang cukup tinggi untuk bersedia melaksanakan program keselamatan pasien secara berkesinambungan dan berkelanjutan

 

Samarinda, Juli 2017

 

mengetahui

Direktur RSJD. Atma Husada Mahakam

 

 

 

Dr. Hj. Padilah Mante Runa, M.Si.

 

 

Ketua Panitia Mutu

 

 

 

Ns. Linda Dwi Novial Fitri, M. Kep. Sp. Jiwa