Rapat dan Sosialisasi proper skizoprenia relaps ODC

By admin web 09 Mei 2017, 08:44:04 WIBInformasi RSJ

Rapat dan Sosialisasi proper skizoprenia relaps ODC

Samarinda, pada tanggal 08 Mei 2017 RSJD Atma Husada Mahakam melaksanakan Rapat dan Sosialisasi Program Pencegahan Relaps skizoprenia (propers) one day care (ODC) dengan Dinas Kesehatan Kota Samarinda dan Puskesmas di bawah naungan DKK Samarinda. Dalam hal ini Sasaran dan Target Seluruh pasien skizofrenia pasca rawap inap yang berdomisili di kota samarinda berjumlah sekitar 372 orang.

Skizofrenia diharapkan mampu secara sosial, produktif yang dimana dukungan positif dari keluarga merupakan hal terpenting dalam proses pemulihan. Angka relaps 25-50% pasca rawat inap, data RSJD AHM lebih 6 kali/pasien/tahun.  Yang sangat diperlukan dukungan lintas sektoral.

Fungsi Program Pencegahan Relaps skizoprenia (propers) one day care (ODC) disini memberikan pelayanan kesehatan jiwa secara berkesinambungan (continuing of care), secara komprehensif, holistik, dan secara paripurna. Dalam hal ini diperlukan peran serta antara DKK dan puskesmas samarinda.

Relaps didefinisikan sebagai suatu keadaan apabila individu sudah pulih atau mengalami perbaikan setelah mengalami gejala sebelumnya (Campbell, 1996). Setiap relaps mempunyai potensi yang berbahaya bagi pasien dan keluarga pasien, seperti kebutuhan biaya yang tinggi dalam setiap pengobatan, begitu pula ketika munculnya berbagai syndrome sebelum terjadinya relaps.

Skizofrenia adalah gangguan psikotik yang ditandai dengan gangguan utama dalam pikiran, emosi dan perilaku pikiran yang terganggu, di mana berbagai pikiran tidak berhubung secara logis; persepsi dan perhatian yang keliru; afek yang datar atau tidak sesuai; dan ber

Tulis Koment Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook